Kamis, 14 Juni 2012

PANCASILA SEBAGAI LANDASAN PENGEMBANGAN IPTEK

PANCASILA

SEBAGAI LANDASAN PENGEMBANGAN IPTEK

    Nama           : Novi Kristi Arjati
NIM             : 10102244028

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN


ABSTRAK


Perkembangan IPTEK di era ini semakin cepat dan sengaja atau   tidak sengaja membawa budaya asing. Selain itu karena perkembangan IPTEK yang sangat cepat banyak orang menyalahgunakan IPTEK tersebut.
Oleh karena itu dalam pengembangan IPTEK harus berdasarkan pada nilai – nilai Pancasila agar dapat bermanfaat disegala aspek kehidupan manusia, bisa mensejahterakan manusia, agar tidak adanya monopoli IPTEK dan agar tidak terjerumus ke dalam nilai budaya asing yang dapat merusak moralitas bangsa sehingga pengembangan IPTEK tidak bisa bermanfaat untuk mencapai tujuan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara Indonesia.
Dengan begitu dengan adanya perkembangan IPTEK bisa memberikan kemudahan disegala aspek kehidupan dan tidak disalahgunakan. Selain itu dampak negatif IPTEK dapat dikurangi. Maka dari itu dalam menggunakan IPTEK  juga harus dengan benar.
                       
KATA KUNCI
                                  
                        Pengembangan, IPTEK, Berlandaskan , Nilai, Pancasila.


A.    PENDAHULUAN

             Perkembangan IPTEK yang semakin cepat bisa mempengaruhi segala aspek kehidupan dan budaya. Bisa berpengaruh positif tetapi juga bisa berpengaruh negatif. Apalagi di era modern ini masuknya IPTEK disengaja atau tidak akan membawa nilai – nilai asing yang dapat mempengaruhi gaya hidup, sikap hidup maupun pikiran kita.
              IPTEK mampu membantu manusia dan memudahkan kehidupan manusia. Selain itu IPTEK penting bagi lembaga pendidikan sehingga IPTEK tidak bisa dipisahkan dari lembaga pendidikan. IPTEK dengan pendidikan memiliki hubungan yang erat. Karena pendidikan sangat dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK dan IPTEK merupakan salah satu materi pengajaran sebagai bagian dari pendidikan. Oleh karena itu agar IPTEK bisa membantu untuk memudahkan kebutuhan manusia maka dalam menggunakan IPTEK harus dengan cara yang tepat.
           Tetapi Realitas yang ada justru IPTEK disalahgunakan  kebanyakan oleh remaja, juga sering dilakukan oleh para ilmuan. Contohnya saja  adanya internet yang mempermudah dalam pencarian informasi tetapi kebanyakan orang menggunakannya untuk mencari dan melihat video porno. Karena kondisi yang seperti itu maka perlu adanya landasan bagi pengembangan IPTEK yaitu Pancasila. Agar dalam pemgembangan IPTEK bisa berdampak positif dan bisa mensejahterakan manusia serta tidak disalahgunakan.

B.     PEMBAHASAN

             IPTEK memang bisa mempengaruhi dalam hal positif dan negatif. Sehingga dalam pengembangannya pun dibutuhkan suatu landasan agar tidak merugikan manusia dan bisa mengurangi dampak negatif. Yaitu berlandaskan pada nilai – nilai Pancasila karena  setiap sila demi sila pada Pancasila mengandung hal – hal yang penting dalam pengembangan IPTEK dan menunjukkan sistem etika dalam pengembangan IPTEK.
1.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Perkembangan IPTEK kita      jadikan sebagai bentuk syukur pemberian akal oleh Yang Maha Esa. Sehingga IPTEK tidak dibuat untuk mencederai keyakinan umat beragama.
2.  Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, menekankan bahwa dalam pengembangan IPTEK harus dengan cara–cara yang berperikemanusiaan dan tidak merugikan manusia individual maupun umat manusia yang sekarang maupun yang akan datang agar bisa mensejahterakan manusia. ( T. Jacob, 2000 : 155 )
 3. Sila Persatuan Indonesia, mengingatkan kita untuk mengembangkan IPTEK untuk seluruh tanah air dan bangsa secara merata. Selain itu memberikan kesadaran bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia akibat adanya kemajuan IPTEK, dengan IPTEK persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud, persaudaraan dan persahabatan antar daerah dapat terjalin. ( T. Jacob, 2000 : 155 )
4.      Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, meminta kita membuka kesempatan yang sama bagi semua warga untuk dapat mengembangkan IPTEK dan mengenyam hasilnya sesuai kemampuan dan keperluan masing – masing, sehingga tidak adanya monopoli IPTEK. ( T. Jacob,2000 : 155 )
5.      Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, IPTEK didasarkan pada keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan. ( T. Jacob 2000 : 156 ).
                         Dengan begitu Iptek pada hakekatnya tidak bebas nilai namun terikat oleh nilai. Dan dalam pengembangannya juga dapat membawa dampak positif  yaitu memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Contohnya yang tadinya berhubungan menggunakan surat dengan adanya kemajuan IPTEK, berhubungan jarak jauh bisa menggunakan telepon,jika dulunya membajak sawah menggunakan alat tradisional kini bisa menggunakan peralatan dari mesin karena kemajuan IPTEK.
             Selain itu juga mempermudah meluasnya berbagai informasi. Serta bertambahnya pengetahuan dan wawasan karena dulu komputer, internet dan handphone merupakan peralatan yang sangat canggih dimana hanya orang – orang tertentu yang mampu membelinya dan menggunakannya,  namun karena perkembangan IPTEK peralatan elektronik tersebut menjadi benda yang menjamur dimana tidak hanya orang – orang tertentu yang mampu menggunakannya bahkan anak – anak dibawah umurpun menggunakannya.
             Kita juga harus waspada dan memiliki sikap positif terhadap Pancasila agar kita dapat menyaring dan memilih mana yang baik untuk dicontoh dan menghindari yang buruk. Karena dengan perkembangan komunikasi memudahkan hubungan antarbangsa di dunia dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga menyebabkan proses akulturasi dan saling mempengaruhi antara nilai – nilai dan kebudayaan antarbangsa.
Selain itu seharusnya dalam penyajian siaran di televisi maupun di Radio atau diberbagai media elektronik harus yang bermanfaat karena sekarang ini banyak menyajikan yang kurang bermanfaat bagi masyarakat yang dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat itu sendiri   dan bisa mempengaruhi pola berfikir anak. Sangat tidak baik jika anak – anak diberi siaran yang kurang bermanfaat karena tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Jika siaran televisi tersebut menyajikan tayangan orang berkelahi bisa saja anak tersebut ikut – ikutan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari – harinya.
           Oleh karena itu dalam menonton harus didampingi oleh orang tua agar anak tersebut diarahkan ke hal yang positif sehingga nantinya anak itu tidak terjerumus ke pergaulan bebas. Sebab sekarang ini banyak anak – anak dan remaja yang terjerumus pergaulan bebas hanya karena terpengaruh temannya, tidak adanya bimbingan dan perhatian dari orang tuanya atau bisa juga karena mendapat kiriman video porno melalui handphone sehingga ada keinginan untuk menirukan apa yang ada di video tersebut. Apalgi diperkuat oleh rayuan temannya yang sudah terjerumus ke hal yang negatif.
           Untuk itu anak – anak maupun remaja boleh – boleh saja di beri handphone, tetapi harus selalu dikontrol agar dengan adanya handphone tersebut tidak untuk hal – hal yang buruk tetapi untuk digunakan hal – hal yang positif seperti untuk alat komunikasi sebagaimana mestinya.

C.    PENUTUP
    1. KESIMPULAN
 Dalam pengembangan IPTEK harus dengan jiwa atau perikemanusiaan dan harus berpedoman pada nilai – nilai yang   terkandung di dalam Pancasila  karena sila – sila dalam Pancasila menunjukkan sistem  etika yang dapat menjaga keutuhan bangsa. Dan agar dalam pengembangan IPTEK bisa bermanfaat serta mensejahterakan kehidupan manusia.


    1. DAFTAR PUSTAKA

Rukiyati, dkk.2008. Pendidikan Pancasila.Yogyakarta: UNY Press


Www. Google. com / Perkembangan IPTEK, Minggu, 2 Januari 2011 jam 13.00 WIB.

                                          

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Web Hosting | Top Web Hosting | Great HTML Templates from easytemplates.com.